Cari Pertanyaan atau Jawaban
Kirim Pertanyaan
Pertanyaan yang diajukan khusus berkaitan dengan Pengadaan Barang dan Jasa.

Frequently Asked Question
mohon konfirmasi.bagaimana cara merubah data user id (nama user id) terimakasih

# mohon maaf pak, ID Pengguna (user ID) tidak tersedia fasilitas untuk dapat mengubahnya.
Pak saya sudah lupa alamat email perusahaan saya , jadi sya tidak bisa masuk ke sistem LPSE karena saya lupa ID dan Passwod lpse mohon di bantu gimana caranya biar perusahaan saya aktif lagi di lpse

# Untuk mendapatkan informasi email yang terdaftar atas nama perusahaan rekanan LPSE Aceh Utara, pimpinan Perusahaan harus mendatangi langsung LPSE dengan menunjukkan bukti-bukti sah kepemilikan perusahaan untuk mendapatkan kembali informasi data profil yang terekam pada LPSE.
Perusahaan saya telah mendaftar di provinsi sumut, kenapa saya tidak bisa login di lpse Aceh Utara sedangkan di wilayah aceh lainnya bisa login setiap saya login keluar Feb 16, 2012, mohon petunjuk...

## Dari penelusuran kami Bapak pernah mendaftarkan Perusahaan di LPSE Aceh Utara pada tanggal 11 Oktober 2016, dalam hal ini Bapak tidak melanjutkan proses verifikasi/ Pengesahan Pendaftaran di LPSE Aceh Utara. Untuk duplikasi data tersebut telah kami coba tangani dan silakan bapak coba login kembali. terima kasih.
tidak bisa login kesalahan java.net.ConnectException: Connection timed out.mohon cepat dibuka mengingat waktu yang terbatas

Mohon maaf karena ada gangguan teknis, lihat beritanya disini: http://lpse.acehutara.go.id/eproc/publicberitadetail/433189 dan kemungkinan jadwal-nya akan disesuaikan kembali.
assalamua'alaikum.mengapa lpse tidak bisa login?mohon penjelasnnya

wa'alaikumsalam wr. wb.
Hari ini tanggal 28/03/2016 server inaproc masih sedang dalam perbaikan, klik berita di http://lpse.acehutara.go.id/eproc/publicberitadetail/430189
perusahaan saya tidak bisa login hanya di LPSE Aceh Utara. sedang di tempat lain bisa. Mohon di berikan cara penanganannya. terimakasih
#silakan bapak hubungi telepon (communication center lkpp) yang tertera pada tab "Kontak Kami", dan memberikan informasi seperti Nama Perusahaan, Tanggal Mendaftar, userID, NPWP, dan lain-lain yang dibutuhkan untuk pengecekan dan penanganan permasalahan.
1-mohon di perjelas pada lelang dinas pu aceh utara.yg mn permintaan dalam dok terlalu berlebihan ttg personil. dan bgt juga ttg data peralatan. yg notabane nya.hrs ada di lks acut.
## Seyogyanya Panitia Pengadaan dapat memberi penjelasan pada masa aanwijzing, bapak berhak mendapatkan penjelasan yang baik dan tepat dari Panitia Pengadaan terhadap paket pekerjaan yang sedang dilelang
Kenapa pada data penyedia khususnya ijin usaha tidak bisa upload file...terima kasih
# coba bapak update/ upgrade browser (perambah web semisal chrome atau mozilla) yang bapak gunakan.
Kenapa untuk "3035770-Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sehat Sederhana (Otsus)" 2015 tidak tercantum di LPSE ini
## Tentu yang bapak maksudkan adalah data rencana umum pengadaan yang ditampilkan pada https://rup.lkpp.go.id/sirup/rup/detailPaketPenyedia/3035770, disitu dapat kita lihat bahwa metode pemilihan penyedia dilakukan secara "Pengadaan Langsung" sehingga pekerjaan tersebut tidak dilakukan proses pelelangan melalui lpse.acehutara.go.id.
kenapa paket untuk gampong ulee tanoh tanah pasir tidak di tampilkan
## sehubungan dengan pertanyaan sebelumnya yang menanyakan  ketersediaan paket di ulee tanoh, dan telah kami jawab bahwa semua paket pekerjaan telah diinformasikan dalam website Rencana Umum Pengadaan (https://rup.lkpp.go.id/sirup/). di website tersebut terdapat fasilitas pencarian nama paket di seluruh instansi pemerintah. atas pertanyaan ini kami telah mencoba menelusurinya dan menemukan 2 (dua) paket di ule tanoh kec. tanah pasir, bapak bisa lihat pada link hasil pencarian kami sebagai berikut : https://rup.lkpp.go.id/sirup/rup/detailPaketPenyedia/2864992 dan https://rup.lkpp.go.id/sirup/rup/detailPaketPenyedia/2831161.
bagaimana cara menggantikan email di LPSE
## buat surat permohonan diatas materai dan diantar langsung ke lpse tempat mendaftarkan perusahaannya oleh pimpinan perusahaan atau yang dikuasakan serta dapat menunjukkan dokumen kepemilikan sah. dalam surat permohonan tsb agar melampirkan juga bukti pendaftarannya di lpse tempat permohonan penggantian alamat email.
apa saja proyek untuk gampong ulee tanoh tahun 2015 ini
## Proyek/ pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara untuk Tahun 2015 bisa dilihat pada alamat https://rup.lkpp.go.id/sirup/rekapKldi/D4, di alamat tersebut tertera semua proyek/ pekerjaan dan terdapat fitur pencarian nama paket/ pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh setiap Satuan Kerja. Untuk penjelasan yang lebih spesifik mengenai ketersediaan proyek/ pekerjaan di lokasi tertentu silakan menghubungi Dinas terkait.
kenapa dikolom izin usaha tidak ada katagori pilih file max untuk memasukkan file lain.untuk meng update data izin usaha. mohon bantuan@ ya bossss...karena mau update data izin usaha
## kemungkinan web browser yang bapak gunakan sudah lama tidak update, tombol "pilih file max" yang bapak tanyakan kami lihat muncul saja jika menggunakan mozilla firefox terbaru. pemrograman aplikasi SPSE terus berkembang mengikuti perubahan teknologi perambah internet (web browser) terutama di sisi keamanannya, untuk itu diharapkan semua pengguna aplikasi agar selalu meng-update web browser di PC masing-masing.
dimana saya bisa liat surat peraturan gebernur tentang pajak Alat berat dan alat besar ?dan setahu saya belum ada yang bayar pajak alat berat di Acut , mohon pencerahan nya
## Mohon maaf kami tidak mempunyai dokumentasi Pergub dsb, sepengetahuan kami petunjuk pelaksanaan mengenai pajak kendaraan termasuk alat berat dan alat besar lainnya dituangkan dalam Pergub Aceh Nomor 11 Tahun 2012 berdasarkan Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pajak Aceh. Untuk itu silakan bapak menghubungi pihak terkait dalam jajaran Pemerintah Aceh ataupun Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Aceh. Mungkin bisa juga bapak tanyakan melalui layanan kontak/ informasi yang ditampilkan pada website http://www.acehprov.go.id/surat.html dan https://ppid.acehprov.go.id/v2/.
siapa nama pemenang lelang kantor bupati Aceh utara
## Dapat kami informasikan sebagai berikut : jika hendak mengetahui informasi tentang suatu paket yang dilelang silakan klik tulisan berwarna biru "e-Procurement" pada halaman depan website lpse untuk menuju halaman http://lpse.acehutara.go.id/eproc/lelang. Disitu ditampilkan semua daftar lelang yang sedang berjalan ataupun sudah selesai. Misalnya hendak mencari informasi tentang lelang yang berhubungan dengan pembangunan kantor bupati aceh utara, Anda bisa mencoba dengan memasukkan kata kunci "kantor bupati" pada kolom pencarian yang tertera disitu, kalau kata kunci tersebut sesuai dengan nama paket yang pernah dilelang maka akan muncul semua daftar paket yang berhubungan dengannya. Dibawah tulisan nama paket ada tulisan "pemenang" yang dapat diklik untuk melihat informasi pemenang pada paket tersebut. Demikian informasinya untuk semua yang hendak melihat nama pemenang lelang terhadap suatu paket yang dilelang.
Saya mengalami masalah dengan Akun Saya. akun saya hanya bisa login di LPSE Kab. Aceh Utara.untuk login ke LPSE kabupaten lain Tidak Bisa. Mohon di Perbaiki. terimakasihCV. ACEH HARAPAN JAYA
## Kemungkinan Bapak belum pernah melakukan aktifasi untuk Agregasi Nasional, disini Bapak tidak menjelaskan apakah sebelumnya pernah bisa login ke LPSE lainnya. Namun demikian, permasalahan Bapak tersebut hanya bisa ditangani oleh LPSE Pusat, untuk itu silakan kirim email ke helpdesk-lpse@lkpp.go.id sesuai format yang telah kami kirim ke email Bapak, setelah itu silakan konfirmasi ke nomor (021) 2993 557 / 021-46293000.
bagaimana cara saya mau Daftar LPSE untuk Perusahaan Saya
## klik disini untuk menuju halaman pendaftaran dan ikuti instruksi yang ditampilkan pada halaman tersebut.
kalau sudah memiliki ID dari LPSE pusat, apakah ID tersebut sudah bisa digunakan untuk mengikuti lelang seluruh indonesia baik di pemda maupun di seluruh kementerian mohon jawabannya pak/bu
bisa pak, di semua LPSE di seluruh Indonesia.
Ass. Yth. Bpk. saya ingin menanyakan bagaimana tahapan jadwal lelang yg dilalui oleh pokja - ULP. ?pengadaan ternak kambing (lelang ulang), sudah sama sanggah aja, sedangkan pemenangnya gk terlihat!
wa'alaikumsalam wr.wb, mohon maaf pak, apakah yang bapak maksudkan bahwa ada jadwal yang tidak konsisten atau ada kesalahan aplikasi dalam memunculkan suatu tahapan? jika mengenai mekanisme dan jadwal pelaksanaan lelang bisa ditanyakan langsung kepada Panitia atau ULP yang menyelenggarakan lelang, karena dalam hal ini antara Kepanitiaan/ ULP dengan LPSE merupakan institusi yang berbeda.
ass.. bila nama pengurus tdk ada dlm aplikasi SPSE, boleh ikut menawar/dpt gugur dieval kualifikasi
wa'alaikumsalamwrwb.
Jika yang bapak maksudkan bahwa daftar susunan pengurus perusahaan yang dijadikan sebagai salah satu kelengkapan administrasi mengikuti lelang terlupa bapak cantumkan dalam data kualifikasi saat mengirim penawaran, tentu panitia lelang akan menolak penawaran tersebut karena tidak lolos evaluasi administrasi.
persyaratan administrasi tidak dikoreksi oleh aplikasi, sehingga bapak tetap bisa mengirimkan penawaran melalui aplikasi walaupun ada isian data kualifikasi yang tidak lengkap terisi. Namun, hanya data isian kualifikasi yang lengkap sesuai dokumen kualifikasi saja yang diproses evaluasi selanjutnya oleh panitia.
Kenapa akun saya tdk bisa masuk ke LPSE Aceh Utara sedangkan ke LPSE yg lain bisa masuk dg ID dan Pasword yg samatriks
Terima Kasih atas pertanyaan pertanyaannya.
Kami sarankan agar bapak datang ke helpdesk LPSE dengan membawa dokumen sbb :

- NPWP Perusahaan
- Akte pendirian dan perubahannya bila ada
- fotocopy ktp direksi
- surat kuasa apabila dikuasakan.

terima kasih
Kenapa User ID saya di LPSE Aceh Utara saat melakukan Apendo/ enkripsi dokumen harus menggunakan tanda tanya dibelakang nama User sedangkan di LPSE lain tidak. harus di tulis ?HASYIRSONS
Silakan Bapak download lagi APENDO dan atur kembali UserID pemakai APENDO yang baru Bapak download.
AssalammualaikumBisa tidak di surat penawaran kode paket tidak di isi karena di dokumen penawaran tdk dicantumkan kode paket, kalau mesti di isi kode apa yg harus disi ? mohon pencerahannya...!
Wa'alaikumsalam wr.wb.
Pertanyaan Bapak lebih tepat diajukan pada saat berlangsungnya tahapan Pemberian Penjelasan, karena secara ketentuan administrasi adalah kewenangan Panitia/ ULP dalam memverifikasi semua ketentuan dan persyaratan dokumen lelang.
Assalammualaikum,mohon diberi penjelasan Kode Paket Pekerjaan sama tidak dengan kode lelang, dan apabila kode paket tidak tercantum di dokumen penawaran apak bisa kita mengisinya kode lelang ?
Wa'alaikumsalam wr.wb.
Bapak bisa menanyakan hal tersebut kepada Panitia/ ULP pada saat Tahapan Pemberian Penjelasan, kesesuaian isi dokumen penawaran dengan dokumen lelang yang dipersyaratkan merupakan kewenangan Panitia/ ULP untuk mengevaluasi keabsahannya.
saya sudah klik tautan lupa password lebih dari satu kali, tapi tidak ada kiriman passwood dari admin lpse aceh utara ke email perusahaan.. tolong diperiksa dimana kesalahannya.
Memang seharusnya sistem aplikasi secara otomatis akan mengirimkan password baru ke alamat email, keluhan Bapak sudah kami teruskan ke Admin LKPP dan diketahui ada sedikit gangguan koneksi ke Agregasi Inaproc dalam mem-validasi UserID dan Password untuk bisa login ke semua LPSE, sekarang sudah lancar kembali.
meminta passwood baru tidak ada balasan..?
Klik tautan http://lpse.acehutara.go.id/eproc/passwordlupa, lalu isikan userID dan email yang terdaftar pada Sistem LPSE. Selanjutnya sistem secara otomatis akan mengreset sekaligus mengirim password baru ke alamat email tersebut.
kenapa computer tidak bisa acces LPSE
Semua alamat website LPSE siap diakses dari komputer manapun yang masih memiliki pengaturan standar layaknya Personal Computer (PC) yang umum digunakan oleh masyarakat. Modifikasi terhadap pengaturan standar pada PC (bisa juga disebabkan virus komputer) dapat menggagalkan akses terhadap aplikasi tertentu.
mengapa SIRUP (Sitem Informasi Rencana Umum Pengadaan) tidak dapat dibuka..Terima kasih..!!!
Maaf pak, dari pertama diluncurkan memang terjadi gangguan teknis akibat tingginya trafik akses ke halaman aplikasi RUP. Sekarang sudah lancar pak.
dimana dan bagaimana cara pengisian NPWP?
Ketika mengklik mendaftar sebagai penyedia barang jasa, informasi pengisian form selanjutnya untuk melengkapi pendaftaran akan dikirim ke email, termasuk didalamnya isian NPWP.
APAKAH SANGGAHAN PERTAMA PERLU MENYERAHKAN SURAT JAMINAN SANGGAH? DAN SANGGAH KEDUA APA PERLU TEMBUSAN KE POLISI & JAKSA?
Penjelasan yang berkaitan dengan sanggah banding dapat anda baca disini : http://www.konsultasi.lkpp.go.id/index.php?page=konsultasi&do=details&id=143.
Dari penjelasan pada halaman tautan di atas menunjukkan bahwa Sanggah/ Sanggah Banding berbeda dengan Pengaduan Pidana, bila berupa pengaduan maka pihak berwenang tetap akan menindaklanjuti namun fungsi pengaduan tersebut bisa hilang sebagai fungsi sanggahan (tidak bisa menghentikan proses lelang).
Mohon maaf, mengapa pertanyaan2 kami belum dijawab? Apa kerja kalian? Kalian di Gaji utk melayani Rakyat, bukan utk MENIPU Rakyat..cepat jawab semua pertanyaan kami..sblm kami lapor Help Desk LKPP
Sama-sama mohon maaf pak, semua pertanyaan yang berhubungan dengan sistem SPSE telah kami jawab, bila bapak tidak menemukan pertanyaan bapak, silakan gunakan fasilitas pencarian dengan memasukkan kata kunci tertentu sesuai pertanyaan pada halaman "Tanya Jawab" website ini.
pak, apakah bisa kita sanggah lelang di aceh utara? krn isu yg berkembang proyek sdh diatur semua melalui wilayah & Sagoe yg diatur oleh Panitia/ULP
Penyedia tidak bisa menyanggah hanya mengandalkan isu, sanggah/ sanggah banding sebaiknya didukung dengan dokumen dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.
Jika Hasil Audit LKPP menyatakan bahwa ada kecurangan dlm proses lelang di A Utara, apakah perusahaan pemenang tender juga akan diputuskan kontraknya? dan apakah akan terjadi tender ulang?
Bila terjadi kecurangan, pihak-pihak yang terkait dengan kecurangan akan mendapat sanksi hukum. Kecil kemungkinan akan terjadi tender ulang jika hasil audit melampaui waktu pelaksanaan pengadaan barang/ jasa.
bagaimana maksud rhs salah. karena kami pernah mengikuti tender lelang tapi tidak menang karena hasil evaluasi "file * RHS salah". mohon jawaban. tq...
disanggah saja pak melalui sistem SPSE, panitia pelelangan akan menjawabnya.
mohon maaf,saya mewakili pemuda dan olah raga,ingin mendapatkan dana penimbunan dan pembuatan tiang gawang untuk lapangan bola kaki,tlg ya sobat jalan petunjuknya.
maaf pak, informasi yang bapak butuhkan tidak ada pada kami.
Bagaimana Cara Untuk Mendapatkan Bantuan Dana Pemuda Olah Raga Khususnya Untuk Lpngan Bola Kaki (Tiang Gawang),,,tolong dong sarannya
maaf pak, informasi yang bapak butuhkan tidak ada pada kami.
mohon maaf saya mewakili dari direktur cv.mj mohon dibantu atas passwordnya krn setelah diubah passwordnya sekarang sudah tidak bisa dibuka lagi dimana kendalanya.?
isi dengan benar pada halaman ini : http://lpse.acehutara.go.id/eproc/passwordlupa, klik tombol "kirim password" dengan demikian system akan mengirim password baru ke email anda. 
Pokja ULP di Kab Aceh Utara terlalu mudah menggugurkan penawaran psrt lelang dg kesalahan2 yg kami lihat tdk subtantif, apakah Pokja tlh berkonsultasi dg LKPP dlm menggugur penawaran rekanan?
maaf pak, kami tidak berwenang memberikan penilaian terhadap kinerja Pokja dalam menyelenggarakan lelang, namun LKPP menjamin bahwa auditor dapat mengevaluasi seluruh proses transaksi lelang melalui SPSE.
Kenapa Pengumuman pemenang ditunda? pada hal kami telah dikalrifikasi olh Pokja? ini berarti proses evaluasi tlh selesai kan? ada apa ini? apkh ada pertentangan kepentingan?
Alasan penundaan suatu tahapan lelang telah diterangkan pada kolom keterangan/ alasan penundaan.
SIAPA PIHAK2 YG AKAN MENGAUDIT HASIL PELELANGAN DI ULP ACEH UTARA NANTI? JIKA REKANAN YG DIRUGIKAN MEMINTA UTK AUDIT INVESTIGASI KE SISTEM SPSE BAGAIMANA CARANYA?
Auditor ditunjuk atas rekomendasi LKPP berdasarkan Surat Tugas resmi yang kemudian akan diberikan ID akses kedalam sistem SPSE, sehingga auditor dapat menginvestigasi semua hasil pelelangan yang telah dimuat pada LPSE. Auditor biasanya terdiri dari perwakilan BPK dan BPKP. Sesuai tugas dan kewenangannya, Auditor tetap akan menginvestigasi pelelangan eProc walau tanpa permintaan masyarakat.
SEHUBUNGAN DENGAN PAKET PEMENANG LELANG PD POKJA/ULP ACEH UTARA, DIMANA PEMENANGNYA ADALAH PENAWAR YG TINGGI BUKAN YG TERENDAH, JIKA KAMI INGIN MELAPOR KE AUDITOR BAGAIMANA CARANYA? DAN SIAPA YG AUDIT
Segala keputusan untuk menetapkan Pemenang merupakan kewenangan Panitia berdasarkan hasil Evaluasi Administrasi dan Evaluasi Penawaran, tidak benar jika menyimpulkan bahwa Penawar Terendah harus menjadi Pemenang karena Penetapan Pemenang tidak hanya mengevaluasi Harga tetapi juga mengevaluasi Administrasi dan Syarat Kelengkapan Dokumen Lainnya seperti yang telah diumumkan.
Bila rekanan tidak puas terhadap hasil pelelangan maka rekanan tersebut dapat mengajukan sanggah/ sanggah banding sesuai peraturan yang berlaku.
SIAPA YG MENETAPKAN NILAI HPS? KAMI MELIHAT HPS DI ACEH UTARA BANYAK MARK UP, MOHON POKJA/ULP BERHATI-HATI JIKA DIPERIKSA BPK RI, APALAGI JIKA ADA SANGGAHAN DARI REKANAN YG DIRUGIKAN OLEH POKJA ULP.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 jo. Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Pasal 66 ayat (2)dinyatakan bahwa ULP/Pejabat Pengadaan mengumumkan nilai total HPS berdasarkan HPS yang ditetapkan oleh PPK;

Mengacu kepada ketentuan diatas, ULP/Pejabat Pengadaan hanya mengumumkan nilai total HPS, sedangkan rincian harga satuan dalam perhitungan HPS bersifat rahasia (penjelasan Pasal 66 ayat (3)). Penawaran yang tidak diperkenankan melebihi HPS adalah total penawaran bukan rincian penawaran;

Namun dalam hal pagu anggaran untuk masing-masing item sudah ditetapkan secara rinci didalam dokumen anggaran, maka Pokja ULP mengumumkan HPS dan rincian item dalam pagu anggaran;

Penjelasan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 Pasal 66 ayat (3) Yang dimaksud dengan nilai total HPS adalah hasil perhitungan seluruh volume pekerjaan dikalikan dengan Harga Satuan ditambah dengan seluruh beban pajak dan keuntungan. Rincian Harga Satuan dalam perhitunganHPS bersifat rahasia, kecuali rincian harga satuan tersebut telah tercantum dalam Dokumen Anggaran.

Sumber:lkpp.go.id

penerapan SRP (sertifikat badan usaha) oleh panitia lelang, menyalahi aturan karena tidak diatur dalam perpres 54 dan turunannya, (tidak adadasar hukum)
Hal tersebut bisa didiskusikan pada saat aanwijzing, jikapun demikian maka tentunya Panitia/ Pokja telah terikat dengan pakta integritas dan siap bertanggung jawab dengan segala ketentuan regulasi yang berkaitan untuk menyelenggarakan lelang pekerjaan.
Apakah benar Tender pd ULP A Utara, sdh diatur semua? hal ini terbukti dari Perusahaan yg ikut tender banyak yang terafliasi (satu group), Apakah ULP/Pokja terlibat dlm persengkongkolan ini?
kami di LPSE tidak bisa menyimpulkan demikian pak.
kenapa pada pembukaan penawaran nilai penawaran yg muncul nol ,padahal penawaran terkirim untuk paket Peningkatan Jalan Gp. Blang - Rayeuk Glang - Glong Kec. Matangkuli ?
Bisa ditanyakan langsung pada panitia, biasanya panitia hanya meng-input atau mengumumkan nilai penawaran yang telah diranking, jadi nilai penawaran yang memiliki rangking dibawah tidak diinput lagi nilai penawarannya.
kenapa pada pembukaan penawaran ,nilai penawaran yg muncul nol , padahal penawaran nya terkirim ??
Bisa ditanyakan langsung pada panitia, biasanya panitia hanya meng-input atau mengumumkan nilai penawaran yang telah diranking, jadi nilai penawaran yang memiliki rangking dibawah tidak diinput lagi nilai penawarannya.
kenapa harga penawaran yang muncul nol , sedangkan penawaran dan data kualifikasi nya terkirim ?
Bisa ditanyakan langsung pada panitia, biasanya panitia hanya meng-input atau mengumumkan nilai penawaran yang telah diranking, jadi nilai penawaran yang memiliki rangking dibawah tidak diinput lagi nilai penawarannya.
Kalau passwordnya diubah apakah email yg sudah ada akan berubah.?
Email dan password email yang didaftarkan tetap tidak akan berubah, perubahan password User ID LPSE hanya berlaku untuk aplikasi SPSE saja.
admin , saya mau nyak setelah pembuatan RAB penawaran apakah di kirim melalui online ataudi berikan berupa hardcopy kepada panitia lelang
Semua proses penawaran dilakukan secara online, hanya proses verifikasi yang dilakukan secara offline.
ass pak.saya dari aceh utara saya baru saja tamat kuliah s1 syariah.. cita2 saya ingin jadi kontraktor apa saya bisa trus apa syarat2nya,, dan bagaiman cara untuk menang dalam pelelangan terima kasih
wa'alaikum salam wrwb, siapapun bisa saja menjadi kontraktor dan mengikuti lelang di LPSE, untuk menang silakan anda belajar dari kontraktor yang telah berpengalaman.